Mulut Terasa Pahit, Gejala Penyakit Apa?

Rabu, 22 Juli 2020 Share to
Mulut Terasa Pahit, Gejala Penyakit Apa?

Seringkali, nafsu makan yang menurun bukan karena makanan yang tidak enak, tapi karena mulut atau lidah yang terasa pahit. Lalu, apa penyebab dari lidah yang terasa pahit? Apakah lidah pahit adalah gejala penyakit tertentu? Berikut penjelasannya. 

Dalam dunia ilmu kesehatan, mulut yang terasa pahit disebut dengan dysgeusia. Tetapi, tidak hanya pahit, kondisi ini juga bisa merujuk pada rasa asam atau mirip seperti setelah menjilat logam yang akan terasa pada bagian lidah dan juga mulut.

Dilansir dari laman situs KlikDokter, dr. Andika Widyatama, menjelaskan bahwa mulut terasa pahit bisa menandakan bahwa kita sedang terserang demam. Jadi, saat mulut pahit, sebaiknya segera periksa juga suhu tubuh untuk memastikan, tubuh memang sedang demam atau tidak.

Satu hal yang harus diingat, demam bukan penyakit. Demam adalah gejala dari suatu penyakit tertentu, contohnya infeksi. Saat demam, peningkatan suhu tubuh akan terjadi di dalam rongga mulut. 

Sehingga, cairan dalam tubuh juga akan ikut berkurang, dan akhirnya menyebabkan dehidrasi. Dari dehidrasi, mulut penderita menjadi kering dan karena kering akan terasa pahit pada bagian lidah.

Tidak hanya itu, ketika demam terjadi, tubuh akan mengeluarkan zat kimia sitokin. Zat yang satu ini bisa menyebabkan lidah terasa pahit. Untuk jenis zat sitokin yang bisa memicu kondisi mulut terasa pahit adalah TNF alfa.

Itulah penjelasan singkat tentang rasa pahit di lidah. Semoga bermanfaat informasinya dan jika Anda ingin tahu lebih lengkap lagi tentang hal ini, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahli medis.

Share to