Sakit Perut setelah Minum Milk Tea Boba? Ini Penyebabnya

Senin, 20 April 2020 Share to
 Sakit Perut setelah Minum Milk Tea Boba? Ini Penyebabnya

Mungkin ada dari Anda yang pernah merasakan perut mulas beberapa saat setelah meminum bubble tea atau produk minuman berbahan susu lainnya. Kondisi ini dikenal sebagai intoleransi laktosa atau lactose intolerance. Kondisi ini terjadi karena enzim laktase yang diperlukan untuk mencerna laktosa tidak bisa diproduksi saat kita memasuki usia dewasa dan akhirnya membuat beberapa orang mengalami rasa mulas pada perut setelah minum bubble tea.

Bagaimana intoleransi laktosa bisa terjadi?

Intoleransi laktosa ini bisa terjadi karena terlalu sering mengkonsumsi produk susu dan salah satunya mungkin adalah bubble tea. Minuman kekinian ini adalah produk susu yang dicampur dengan gula. Negara yang lebih rentan mengalami intoleransi laktosa adalah negara-negara di benua Asia, dan yang paling jarang warganya mengalami intoleransi laktosa adalah negara-negara yang ada di benua Eropa.

Ini bisa terjadi karena warga yang berada dua benua yang berbeda tersebut punya karakteristik yang tidak sama. Mereka yang tinggal Eropa memang tidak mendapatkan banyak sinar matahari yang merupakan sumber vitamin D sehingga mereka mereka perlu untuk mengkonsumsi susu lebih banyak untuk mendapatkan kalsium.

Sedangkan untuk orang-orang Asia banyak sekali mendapatkan asupan vitamin D dari sinar matahari walaupun ada juga negara di Asia yang terdiri dari 4 musim. Karena itulah, orang Asia jumlahnya lebih sedikit yang bisa mentoleransi laktosa.

Jangan berlebihan!

Melihat fakta di atas, mengkonsumsi bubble tea atau produk minuman berbahan susu lainnya memang tidak ada yang melarang, tapi sebaiknya tidak berlebihan, apalagi jika Anda sudah sering merasa sakit perut setelah mengkonsumsinya. Rasa mulas pada perut memang biasanya akan sembuh dengan sendirinya, tapi jika rasa sakit itu tidak kunjung membaik, segeralah periksa ke fasilitas medis terdekat untuk segera mendapat solusi atau pengobatan terbaik.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Share to