Selain Benjolan, Gejala Kanker Payudara Ini Juga Perlu Diketahui

Sabtu, 22 Agustus 2020 Share to
Selain Benjolan, Gejala Kanker Payudara  Ini Juga Perlu Diketahui

Biasanya, diagnosis kanker payudara dikenali saat wanita merasakan benjolan pada payudaranya. Pemeriksaan kemudian akan dilanjutkan oleh ahli medis, seperti mammogram, ultrasound, biopsi atau kombinasi, sampai akhirnya menentukan apakah itu benjolan tersebut adalah kanker payudara atau tidak.

Tetapi, ternyata bukan hanya benjolan yang bisa jadi satu-satunya pertanda atau gejala kanker payudara. Bahkan, dilansir dari laman situs medcom.id, studi di Inggris mengungkapkan 1 dari 6 wanita yang didiagnosis kanker, pertama kali merasakan gejala selain adanya benjolan pada payudaranya.

Berikut adalah beberapa gejala yang wajib diperhatikan dan diwaspadai selain benjolan.

  1. Adanya perubahan tekstur

Lapisan kasar kulit yang terasa bersisik (lebih tebal) dari biasanya, ataupun kulit yang mulai mencekung ke dalam, bisa menjadi tanda kanker payudara. Beberapa kanker payudara bisa menyebabkan saluran yang masuk dari bagian dalam payudara ke kulit tersumbat sehingga terjadilah perubahan kulit yang membuat kulit payudara terasa bersisik (lebih tebal) dari biasanya atau mencekung ke dalam.

 

  1. Perubahan bentuk pada puting

Beberapa kanker payudara bisa menyebabkan puting inversi atau retraksi (puting berubah dan masuk ke dalam). Umumnya, ini bisa terjadi karena massa tumbuh di dalam payudara kemudian mengubah bentuknya.

 

  1. Adanya cairan keluar dari puting

Kelainan puting lainnya yang bisa terjadi adalah keluarnya cairan dari puting (bukan ASI). Walau cairan yang keluar dari puting juga biasa terjadi pada beberapa wanita, namun sebaiknya segera periksa ke dokter saat cairan keluar tanpa disentuh atau meremas puting.

 

  1. Bengkak dan kemerahan

Kanker payudara yang meradang umumnya dimulai dengan kulit merah, radang yang membengkak saat sel kanker menyumbat pembuluh darah yang membawa cairan getah bening.

 

Itulah beberapa gejala yang wajib diperhatikan dan diwaspadai selain benjolan. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli medis. Semoga informasinya bermanfaat!

Share to