Cara Tepat Mengolah Lalapan Segar Agar Menyehatkan

Rabu, 28 Oktober 2020 Share to
Cara Tepat Mengolah Lalapan Segar Agar Menyehatkan

Lalapan yang terdiri dari berbagai macam sayuran mentah dipercaya penuh gizi karena tidak melalui proses pemasakan yang bisa membuat nutrisinya hilang. Anggapan ini memang benar tapi ingat, pada sayuran mentah juga dikhawatirkan masih menempel sisa pestisida atau pupuk kimia yang dapat menimbulkan dampak berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

Nah, agar tetap sehat dan tidak mengganggu kesehatan saat dikonsumsi nantinya, ada baiknya jika kita mengolahnya dengan benar untuk menghindari bahaya akibat mengonsumsi berbagai sayuran mentah yang disajikan sebagai tersebut. 

Bagaimana caranya? 

Dilansir dari laman situs suara.com, salah satu cara agar sayuran mentah aman dikonsumsi adalah dengan merendam sayuran mentah terlebih dahulu di dalam air yang diberi garam atau cuka apel. Tidak hanya membantu menghilangkan bakteri dari permukaan sayuran, air yang dicampur dengan garam atau cuka apel juga bisa menyingkirkan ulat dan serangga yang mungkin saja masih bersembunyi di dalam sayuran mentah.

Setelah direndam dalam larutan air dan garam atau cuka apel, dilanjutkan dengan mencuci sayuran di bawah keran yang mengalir sambil gosok-gosok permukaan sayur. Jangan lupa juga untuk mengupas kulit ari di permukaan sayuran. Dengan cara pengolahan yang tepat, sayuran mentah yang dikonsumsi sebagai lalapan segar pun akan lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Semoga informasinya bermanfaat!

 

Referensi: https://www.suara.com/health/2019/09/23/101819/suka-makan-lalapan-begini-cara-tepat-mengolahnya-agar-menyehatkan

Share to