Makanan-makanan Penakluk Kolesterol

Senin, 8 Juli 2019 Share to
Makanan-makanan Penakluk Kolesterol

Kolesterol dalam batas normal berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak, saraf, otot, hati, usus, hingga jantung. Sumber senyawa ini berasal dari hati dan makanan yang Anda konsumsi. Sementara angka kolesterol normal yang disarankan dokter adalah tak lebih dari 200 mg/dl (miligram per desiliter). Kemudian kadar kolesterol baik (HDL) yang dianjurkan adalah 60 mg/dl.

Makanan yang Anda konsumsi turut mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk menjaganya agar tetap stabil, masukan makanan-makanan ini ke dalam menu!

  • Oatmeal

Oatmeal dan makanan serat tinggi lainnya tak hanya mampu menyehatkan sistem cerna, melainkan juga dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Serat larut dalam oatmeal akan menurunkan penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Anda dapat menambah potongan buah dan madu murni agar oatmeal yang disantap semakin nikmat.

  • Kedelai

Isoflavon yang terdapat dalam kedelai rupanya dapat membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol. Ada baiknya Anda mengolah makanan-makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe, tahu, kembang tahu, dan oncom memakai minyak zaitun. Food and Drugs Administration di Amerika Serikat memberi saran untuk mengonsumsi protein kedelai sebanyak 25 gram per hari.

  • Kacang-kacangan

Selaras dengan kedelai, kacang-kacangan menjadi makanan penakluk kolesterol berikutnya yang bakal mengoptimalkan kesehatan Anda. Jenis kacang yang disarankan untuk dikonsumsi mencakup almond, buncis, kacang merah, dan kacang panjang. Menjadikan kacang-kacangan sebagai camilan sehat akan menurunkan kadar kolesterol jahat sampai 10% dalam 6 minggu.

  • Salmon

Kandungan omega-3 dalam salmon akan meningkatkan produksi HDL sekaligus mengurangi LDL dalam tubuh Anda. Selain itu, ikan ini juga kaya akan DHA dan EPA yang terbukti mampu menjaga kesehatan fungsi kerja jantung. Sebuah asosiasi kesehatan pun menyebutkan konsumsi dua porsi salmon per hari selama seminggu akan memberikan manfaat optimal dalam pengendalian kadar kolesterol.

  • Kuaci tawar

Anda suka ngemil kuaci? Kabar bagusnya, camilan yang terbuat dari biji bunga matahari ini berpotensi mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Zat tembaga dalam kuaci tawar membantu tubuh menekan kadar LDL dan memenuhi asupan HDL untuk tubuh. Selain kuaci dari biji bunga matahari, ada juga kuaci dari biji labu yang bisa Anda buat sendiri.

  • Buah-buahan

Sejumlah buah direkomendasikan untuk penderita kolesterol. Sebut saja alpukat, jambu biji, jeruk, dan apel. Alpukat kaya akan lemak baik yang akan merangsang produksi HDL, seperti halnya jambu biji yang kaya akan mineral dan vitamin. Pektin dalam kulit apel bekerja bak serat larut yang akan melibas LDL, sedangkan jeruk punya vitamin C yang bisa menekan penumpukan kolesterol jahat.

Tidak sulit, kan, menemukan makanan-makanan di atas? Selamat menjalankan gaya hidup sehat demi mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh!

Share to