Tips Membuat Burger yang Lezat, Sehat & Padat Gizi

Rabu, 9 Desember 2020 Share to
Tips Membuat Burger yang Lezat, Sehat & Padat Gizi

Anggapan yang mengatakan bahwa burger itu tidak sehat tidak sepenuhnya benar, karena menurut Penny Kris-Etherton, Ph.D., RD, seorang ahli gizi sekaligus peneliti dari Penn State University, burger juga bisa jadi makanan yang sehat. Lalu, bagaimana cara membuat burger yang sehat dan lezat? Berikut adalah tipsnya.

  1. Pilih daging rendah lemak

Hal terpenting dari membuat burger sehat adalah pada pemilihan dagingnya. Pilihlah daging sapi atau unggas rendah lemak dan akan lebih baik lagi jika kita menggunakan daging ikan yang tinggi akan asam lemak esensial omega-3 seperti tuna dan salmon.

  1. Pilih cara memasak terbaik

Proses pembakaran atau pemanggangan merupakan metode terbaik untuk membuat daging  burger lebih empuk dan juicy. Dilansir dari hellosehat, menurut Richard Chamberlain, seorang koki sekaligus penulis The Healthy Beef Cookbook, daging sapi lebih baik dimasak dengan api sedang sampai cukup kecoklatan. Hindari tekstur daging terlalu gosong supaya tidak menimbun karsinogen yang bisa meningkatkan risiko kanker.

  1. Pilih isian yang lebih sehat

Untuk memperkaya nutrisi burger, isi burger dengan sayuran yang banyak. Anda bisa memilih sayuran yang rendah kalori seperti bawang, tomat, paprika, selada, timun, atau jamur untuk membuat burger menjadi rendah kalori.

 

Itulah beberapa tips membuat burger yang lezat, sehat & padat gizi. Semoga informasinya bermanfaat!

 

Referensi: https://hellosehat.com/nutrisi/resep-sehat/cara-membuat-burger-sehat/#gref

 

 

Share to